Belajar Dari Si Penemu Bola Lampu (Edison)

Siapa yang tidak mengenal Edison, lengkapnya Thomas Alfa Edison. Luar biasa sekali cara berpikir Edison sehingga tak pernah ada kata gagal dalam dirinya, meskipun pada kenyataannya proses menuju bola lampunya ataupun penemuan-penemuan lainnya jelas sudah memakan banyak waktu, dana, tenaga, dan pikiran. Ketika peristiwa bersejarah itu terjadi pada saat sesudah menemukan bola lampu ada salah satu pertanyaan yang terlontar dari luar ? “Bisakah kamu menceritakan perasaanmu setelah menemukan itu ?”

Edison menjawab “Saya merasa seperti seorang pemburu di tengah hutan yang sedang mencari SEEKOR BURUNG EMAS KECIL tetapi saya tidak tahu dimana burung emas itu berada. Jalan satu-satunya yang harus saya lakukan MENCARI Batang demi batang, dan daun demi daun” sampai menemukan sesuatu yang berharganya.

Edison telah melakukan 1000 percobaan kawat yang bisa menghantarkan listrik dengan suhu yang tinggi, tapi tak kunjung berhasil. Edison malah berkata saya menemukan 1000 kawat yang tidak bisa dipakai. Seandainya dia berhenti saat itu ? tidak akan ada penemu bola lampu yang namanya Edison mungkin orang lain, hehe. Tapi jiwa pantang menyerahnya itu yang selalu bangkit membuat dia kuat dalam melakukan percobaan dan menaklukan kegagalan.

Pertanyaan yang lain terlontar, “Apakah Kau Berbakat ?” Edison menjawab, “ Saya tidak berbakat, karena bagi saya bakat hanya 1 % dan usaha saya harus 99 % sampai berkeringat.

Itulah sedikit tulisan yang dapat saya share dulu kali ini semoga ilmu kita bertambah terus dan terus menjadi yang terbaik.

Telkom University Creating The Future

2 thoughts on “Belajar Dari Si Penemu Bola Lampu (Edison)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s