Sesuatu yang tidak berguna menjadi sangat berguna

Pada awal 1830-an, dunia dikejutkan oleh keberadaan sebuah getah yang sangat unik. Getah itu berasal dari Brazil dan bersifat tanah air dinamakan ‘karet’. Namun kemudian banyak yang melupakan bahan getah ini karena sulit pengolahannya menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Bagaimana tidak? Karet yang digadang-gadang sebagai barang unik itu tidak dapat diolah oleh pabrik mana pun. Hasilnya justru bahan yang membeku ketika musim dingin dan meleleh ketika musim panas. Intinya bahan itu benar-benar tampak tidak berguna.
Namun seseorang dari Philadelphia, Amerika Serikat. Bernama Charles Goodyear sudah terlanjur jatuh cinta kepada bahan baru ini. Karet membuatnya sangat tertarik sampai- sampai ia meminjam kesana kemari demi membelinya.

Ia menghabiskan banyak uang yang didapatkan dengan berutang. Akhirnya ia ditahan oleh rentenir sebab tidak sanggup membayar utang.
Jeruji penjara ternyata tidak bisa menghentikan ketertarikannya pada karet. Ia meminta istrinya membawakan setumpuk karet dan penggiling roti. Di dlam tahanan itulah ia melakukan berbagai percobaan. Ia mengolah berbagai macam adonan, mengaduk-aduk getah karet selama berjam-jam.

Meskipun Goodyear tidak pernah mendapatkan keuntungan financial dari hasil temuannya, Ia memberi sumbangan yang sangat berharga bagi dunia. Kalau bukan karena jasanya, mungkin mobil-mobil tidak akan senyaman saat ini.
Ketika semua orang melihat sebuah masalah, Goodyear justru melihatnya sebagai tantangan.

Sumber : majalahinovasi.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s