Melawan Batas

Wilma Rudolph dilahirkan premature di Tennesse, Amerika Serikat pada 1940. Sebagian besar masa kecilnya dihabiskan diatas tempat tidur karena penyakit yang beruntun meinimpanya. Penyakit pertama adalah Pneumonia, lalu disusul scarlet fever, dan akhirnya polio.

Penyakit terakhir ini menunjukan gejala yang nyata berumur 6 tahun. Akibatnya Wilma tidak mampu menggerakan kaki kirinya. Dokter memvonis Wilma tidak akan pernah bisa berjalan. Sejak saat itu ia harus hidup dengan rangka besi untuk menopang kakinya.
Namun keluarganya masih berharap ada keajaiban. Setiap hari saudara-saudaranya bergantian memijit kakinya. Ibunya membawa Wilma secara rutin mengikuti terapi berjalan. Belum sembuh penyakit-penyakit lain seperti campak.

Harapan yang tidak putus ini ternyata mendapat hasil yang luar biasa. Pada usia 9 tahun diam-diam Wilma mencopot rangka besi dari kakinya dan berjalan meniti tangga turun di gereja. Semua orang tercengan ketika melihatnya bisa berjalan.

Setelah mampu berjalan, Wilma mencoba bermain basket bersama teman-temannya. Ia senang merasakan lompat-lompatan ketika bermain basket. Akhirnya ia bergabung dengan tim basket di sekolahnya. Tapi bakat lain dilihat pelatih dalam dirinya yaitu kecepatan. Ketika bermain basket, Wilma berlali jauh lebih cepat dari teman-teman setimnya. Ia kemudian ditawari bergabung dengan tim atletik.

Berawal dari tim atletik sekolah, ia ditawari mengikuti latihan di pusat latihan atletik Tennessee. Selanjutnya ia dikirim mewakili AS di Olimpiade Melbourne 1956 dan meraih perunggu. Tahun 1960 wilma mengikuti olimpiade Roma. Kali ini ia meraih tiga medali emas untuk AS. Semua orang membicarakannya karena prestasinya diluar batas normal untuk seseorang yang pernah divonis tidak akan pernah bisa berjalan. Media kemudian menjulukinya “The Black Gazelle” karena kecepatannya.

Wilma membuktikan bahwa dengan usaha dan tekad yang kuat tidak ada yang membatasi anda.

Sumber : majalahinovasi.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s